Akankah dengan melamun dapat menyelamatkan dunia?

Melamun mempunyai reputasi yang buruk. Bayangkan suasana ruangan kelas di televisi di mana seorang guru menegur muridnya karena menatap jendela saat belajar. Biasanya, anak-anak yang seperti itu akan dicap sebagai pemalas, tetapi, menurut laporan baru-baru ini dari pengamat pendidikan, mereka menujukkan tingkah laku inovator. Mereka berada dalam situasi tenang.

Selama dalam situasi tersebut, masalah atau tantangan mengambil tempat di dalam otak, tetapi tidak berada pada garis depan. Situasi tenang berada di suatu tempat di antara meditasi, di mana semua pikiran dijernihkan, dan fokus yang seperti sinar laser ketika berhadapan dengan soal matematika yang rumit. Otak kita dapat melakukan sesuatu yang hebat ketika kita tidak terobsesi dengan tantangan, karena itulah kenapa ide-ide yang bagus seringkali muncul ketika sedang mandi atau sedang berjalan-jalan santai atau ketika sedang berkendara jauh.

------

Pendidikan sekarang terstruktur untuk menjepit para pelamun. Saya setuju. Homeschooling memungkinkan baik orangtua dan anak untuk memiliki waktu melamun.

Source