Sumber daya masyarakat

Homeschooler sering mengambil keuntungan dari kesempatan pendidikan di musium, pusat masyarakat, club atletik, ekstrakurikuler, gereja, menjaga ilmu pengetahuan, taman, dan sumber daya masyarakat lainnya. Siswa tingkat sekolah menengah dapat mengambil kelas di perguruan tinggi, yang biasanya meiliki kebijaksanaan untuk masuk. Di banyak komunitas, orang tua dan siswa homeschooling berpartisipasi dalam komunitas teater, tari, band, symphony,dan kesempatan bernyanyi pada paduan suara.

Grup keluarga homeschooling sering bergabung bersama-sama untuk membuat koperasi homeschooling. Kelompok-kelompok ini biasanya bertemu seminggu sekali dan menyediakan lingkungan kelas. Ini adalah keluarga yang berpusat pada kelompok-kelompok pendukung yang anggota-anggotanya berusaha untuk menyatukan bakat dan sumber mereka dalam usaha kolektif untuk memperluas lingkup pendidikan anak-anak mereka. Mereka menyediakan sebuah lingkungan ruangan kelas dapat belajar sendiri atau berkelompok, seperi melakukan eksperimen sains, proyek seni, studi bahasa asing, ejaan, diskusi, dll. Orang tua yang anaknya mengikuti kursus sukarelawan untuk menjaga pengeluaran tetap rendah dan membuat program ini berjalan sukses.

Negara tertentu seperti Maine dan New Mexico, memiliki hukum yang memungkinkan keluarga homescooling untuk mengambil keuntungan dari sumber daya sekolah umum. Dalam kasus tersebut, anak-anak dapat menjadi anggota di klub olahraga, menjadi anggota band sekolah, dapat mengambil kelas seni, dan memanfaatkan layanan seperti terapi wicara homeschooling tetap memelihara gaya hidup mereka.