Motivation

Menurut sensus Amerika Serikat pada tahun 2001, 33% dari rumah tangga homeschooling menyebutkan agama adalah sebagai faktor dalam pilihan mereka. Penelitian yang sama juga menemukan bahwa 30% merasakan sekolah itu lingkungan belajar yang buruk, 14% keberatan dengan apa yang diajarkan disekolah, 11% merasakan anak mereka tidak mendapat tantangan disekolah, dan 9% menyebutkan moral.

Menurut US DOE's "Homeschooling in the United States:2003", 85% dari para orang tua homeschooling menyebutkan, "lingkungan sosial adalah bentuk lain dari sekolah" (termasuk keamanan, obat-obatan, gangguan seksual, penindasan, dan penekanan negatif terhadap teman) adalah alasan penting mengapa mereka homeschooling, 72% menyebutkan, "untuk menyediakan pengajaran moral dan agama" sebagai alasan yang penting, dan 68% menyebutkan "ketidakpuasan dengan pengajaran akademik dalam sekolah-sekolah lainnya. 7% menyebutkan "anak-anak mempunyai masalah kesehatan dalam fisik dan mental", 7% menyebutkan "Anak mempunyai kebutuhan khusus lainnya", 9% menyebutkan "Alasan lain" (termasuk "pilihan anak", "membolehkan orang tua mengontrol lebih dalam belajar" dan "fleksibilitas").

Alasan lain mencakup fleksibilitas lebih dalam praktek pendidikan untuk pembelajaran anak-anak yang cacat atau dalam keadaan sakit, atau untuk anak mualim, keluarga militer, atau orang tua yang sering bepergian. Homeschooling kadang-kadang memilih untuk murid berbakat yang dipercepat, atau mempunyai hobi yang signifikan dan mempunyai karir di usia muda (seperti menari, akting, atau bernyanyi).

Sekelompok homeschool Kristen karena mereka percaya orang tua yang dipercayakan dengan tanggung jawab utama untuk mendidik anak-anak mereka. Vision Forum Ministries berpegang pada prinsip bahwa "orang tua Kristen harus memberikan anak-anak mereka pendidikan Kristen secara menyeluruh," dan bahwa, "orang Kristen tidak memperbolehkan anak-anak mereka masuk sekolah-sekolah umum karena bukan pendidikan yang ditakdirkan Tuahn melainkan fungsi pemerintahan sipil."

"Since the educational mandate belongs to parents and they are commanded personally to walk beside and train their children, they ought not to transfer responsibility for the educational process to others. However, they have the liberty to delegate components of that process."