Ketidakadilan dalam pendidikan.

Sekarang saya akan membahas ide mengenai bahwa pendidikan agak tidak adil pada intinya. Dalam banyak diskusi, aku mendengar mengenai "pendidikan untuk semua", mereka yang mengatakan "pendidikan bukan untuk semua" akan berakhir dengan mempercayainya sendiri saja. Jadi tujuanku di sini adalah untuk menyelidiki klaim tersebut dan melihat kemana itu akan menuju.

Pertama, kita definisikan keadilan mengenai prinsip pemberian sesuatu dengan jatahnya masing-masing. Asumsikan setiap murid berhak atas pendidikan yang baik. Dengan demikian, keadilan dalam pendidikan adalah sumbangan pendidikan yang baik kepada setiap murid.

Tetapi ada masalah: pendidikan bukanlah hanya sebagai sumbangan terhadap murid, tetapi murid harus ikut berpatisipasi di dalamnya.

Menimbang kebenaran dasar ini: pelajaran apapun yang diberikan, tidak masalah apa kontennya dan bagaimana itu diajarkan, akan lebih bermanfaat, lebih tepat, lebih menarik, atau dapat diakses dengan mudah untuk beberapa orang dari yang lain.


Kamu dapat mengurangi ketidakadilan ini dengan memberikan instruksi yang berbeda atau mengelompokkan murid ke dalam kelompok yang sejenis. Masing-masing memiliki kekurangan dan ketidakadilannya sendiri. Perbedaan dapat memecah instruksi; pengelompokan dapat membatasi kesempatan kepada mereka yang berada pada jalur yang lebih sedikit.

Sebagai murid, kamu dapat mengatur pekerjaan dengan mengubah pekerjaan sendiri. Contohnya, jika kelasmu tidak begitu menantang, kamu dapat mencari tantangan baru. Jika terlalu susah, kamu dapat meminta bantuan.

Pengaturan-pengaturan tersebut sama sekali tidak menghapus ketidakadilan awal. Ketidakadilan ini memiliki kebaikan tersembunyi: meskipun semua murid tidak mendapatkan sesuatu yang sama dalam satu pelajaran, tetapi ini tetaplah bermanfaat. Dalam kata lain: pasti ada sesuatu yang dapat dipetik sebagai pelajaran. Selain itu, kualitas dan "jangkauan" tidak selalu bertentangan satu sama lain. Sebuah pelajaran dapat dimulai dengan menjangkau beberapa siswa dan berakhir dalam menjangkau mayoritas, hanya karena pengaruh dari instruksi.

Saya akan menempatkan bahwa ketidakadilan dalam pendidikan tidak harus dihilangkan sama sekali. Malah sebaliknya, pendidik harus memperhatikan aspek-aspek dari ketidakadilan tersebut, dan kemudian dihapuskan atau dikurangi.

Dalam kata lain, ada beberapa jenis ketidakadilan di sini. Beberapa bersifat penting untuk sekolah, yang lain dapat dihapuskan.

Singkatnya, beberapa jenis ketidakadilan dalam pendidikan tidak dapat dihindari, bahkan bersifat bermanfaat, sementara yang lain tidak. Menjadikan pendidikan benar-benar adil akan menghancurkan esensinya; berpuas diri dengan semua ketidakadilannya hanya akan membuatnya rapuh. Harus ada yang memilah berbagai jenis dari ketidakadilan ini dan memutuskan mana yang layak dan mana yang harus dihapuskan.

Source