Mengapa matematika diajarkan?

Di sekolah-sekolah Amerika, matematika diajarkan sebagai ilmu hitam. Pelajari  metode-metode sakral itu dan kalian akan menjadi ahli simbol-simbol kuno. Kamu harus menghafal cara-caranya untuk kepuasan kami atau kemampuanmu dalam standar ujian akan menurun sehingga nilai kelulusan harus direndahkan. Lupakan sementara tentang prinsip-prinsip dasar, bukti-bukti, ataupun asal mula. Kamu akan mempelajarinya pada waktunya.

Mengapa? Mengapa melakukan matematika? Karena kau akan membutuhkannya, that's it. Kamu akan menggunakannya dalam kelas fisikamu. Dan aku yakin aku dapat memikirkan beberapa contoh bagaimana kamu menggunakan matematika dalam kehidupan, apapun karir yang kamu pilih. Benar? Ya, benar. Aku dengar para insinyur harus mengetahui bagaimana memecahkah permasalahan persamaan diferensial, hanya sebagai contoh, dan sebelum kamu dapat melakukan persamaan diferensial, kamu harus mempelajari alogaritma terlebih dahulu.

Ini adalah pesan yang disampaikan kepada pewaris generasi kita, dan tidak heran hanya sedikit yang berminat pada matematika. Tanyalah kepada mereka yang mengambil matematika sebagai studi utama: Bahwa matematika bukanlah tentang menghafal rumus-rumus dan mempelajari bagaimana memfaktorkan sesuatu yang berjumlah banyak. Itu adalah... Well, matematika adalah sesuatu yang lebih dalam dari itu. Sangat menarik. Tapi apakah sebenarnya matematika itu?

Source