Pro Dan Kontra Homeschooling.

Dalam beberapa tahun terakhir, homeschooling telah menjadi semakin populer sebagai alternatif untuk sekolah tradisional.

Banyak orang tua, khususnya para ibu, secara serius mempertimbangkan bentuk sekolah ini untuk anak-anak mereka. Banyak anak-anak yang mengalami homeschooling dikarenakan banyak alasan. Sebagai contoh, orang tua pencari nafkah yang selalu bepergian mungkin perlu untuk mentransfer rumah secara teratur.

Pendidikan yang layak tidak akan pernah dicapai oleh anak-anak karena gangguan studi mereka setiap kali keluarga harus pindah. Akibatnya, keluarga dapat mempertimbangkan homeschooling sebagai alternatif yang bagus.

Meskipun mungkin akan tergoda untuk membandingkan sekolah tradisional dengan homeschooling, dua bentuk pendidikan ini memiliki fitur yang unik dan tak tertandingi. Sederhananya kebutuhan pendidikan anak-anak dalam satu keluarga mungkin berbeda secara signifikan dengan kebutuhan anak-anak dari keluarga lain. Dengan demikian, lebih baik untuk memperlakukan kedua praktek pendidikan sebagai khas dan independen satu sama lain.

Seperti sekolah tradisional, homeschooling memiliki kelebihan dan kekurangan.

Bentuk sekolah ini mempunyai keunikan tersendiri dalam kemampuan khusus dan jumlah. Beberapa hal hebat tentang homeschooling tidak ditemukan dalam bentuk pendidikan lain.

Dalam cara yang sama, kelemahannya juga unik untuk homeschooling sendirian.

Sebagai ibu dan guru pada saat yang sama, adalah tanggung jawab anda dan peran yang harus diperhatikan dalam pro dan kontra untuk dapat membuat penilaian baik terutama dengan pendidikan anak-anak.


Pro Homeschooling - Berikut adalah beberapa kelebihan dari homeschooling:

  • Anak-anak anda akan belajar apa yang ingin mereka pelajari. Anda memiliki kendali atas informasi dan informasi atas pelajaran anak-anak anda yang akan mendapatkan pelajaran. Tidak seperti sekolah biasa, anda akan berada disana untuk memantau apa yang anak-anak anda akan pelajari. Anda memiliki kebebasan untuk memilih kurikulum homeschooling apa yang ingin anda gunakan untuk anak-anak anda.

  • Tidak ada banyak waktu dan darmawisata sekolah yang menghabiskan sumber daya. Dengan homeschooling, anank-anak tidak harus membayar mahal lagi untuk keperluan darmawisata sekolah dan berpotensi membahayakan. Dengan mengurangi atau menghilangkan sama sekali darmawisata sekolah, anak-anak dapat lebih fokus pada studi pelajaran mereka dan anda bisa menghemat lebih banyak uang untuk keperluan penting lainnya.

  • Tidak ada lagi makanan dari kafetaria. Dengan dapur anda sendiri menghidangkan makanan seperti kafetaria sekolah, anak-anak akan memiliki akses terhadap makanan sehat dan lebih memuaskan. Mereka tidak lagi harus jenuh menelan daging olahan dan mengkonsumsi makanan tidak sehat dari kafetaria sekolah. Sekarang, anda dapat menghidangkan makanan yang mereka inginkan kepada anak-anak anda, mewah jika dibandingkan dengan sekolah tradisional. Pikirkan hal ini sebagai insentif lain mengapa anda harus mempertimbangkan homeschooling.

  • Tidak ada lagi pengganggu. Kekerasan adalah ancaman yang sangat nyata disekolah-sekolah saat ini. Anak-anak yang menjadi korban kekerasan sering kali tidak mau menceritakan masalahnya ke orang tua mereka. Akibatnya, anak-anak ini membina masalah psikologis dan emosional yang kuat pada masa dewasa mereka. Dengan homeschooling, anak-anak anda akan terlepas dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Hasilnya ? Anak akan lebih bahagia dan percaya diri. Masalah harga diri yang rendah tidak lagi menjadi masalah bagi anak-anak anda tanpa adanya penganggu.

  • Anak-anak anda akan berkembang secara alami. Tidak seperti sekolah biasa yang hanya memberikan waktu terbatas untuk anak-anak belajar, homeschooling memungkinkan anda sebagai seorang ibu dan guru, untuk mengontrol kecepatan dimana anak anda mengembangkan mental dan emosional. Tidak perlu lagi untuk memaksa anak untuk tumbuh tergesa-gesa. Dengan homeschooling, anak anda dapat menemukan akan menemukan ketrampilan dan kecenderungan mereka sendiri.

  • Tidak ada lagi tekananan untuk anak-anak anda. Dengan tidak adanya ujian yang menegangkan, anak-anak anda tidak akan merasa tertekan atau terpaksa untuk menyelesaikan. Karena anak-anak anda tahu anda menerima keterbatasan dan kekuatan mereka, mereka dapat merasa lebih percaya diri dan tentang diri mereka sendiri dan mengembangkan kepribadian yang lebih baik lagi. Mereka akhirnya akan belajar cara menetapkan tujuan mereka sendiri dan sistematis dalam menghadapi tekanan.

Kontra Homeschooling
- Sekarang anda tahu kelebihan homeschooling, wajar dan pantas jika anda mengetahui kelemahannya.


Ingat, baik sebagai ibu atau guru, anda dapat membantu merubah kontra ini menjadi perubahan positif bagi anak-anak dan masa depan mereka.


  • Kurangnya interaksi sosial. Dengan anak-anak anda tidak disibukan dengan dalam kelompok-kelompok sosial dan kegiatan, mereka bsisa menjadi pemalu disekitar orang-orang lain. Untuk mencegah hal ini terjadi, anda dapat menghubungi ibu-ibu lain dan mengatur jadwal bermain terkadang untuk membantu anak-anak anda belajar dan menguasai keterampilan sosial mereka. Ingat bahwa manusia adalah mahkluk sosial dan berinteraksi dengan anak-anak seusianya sangat penting untuk anak-anak anda untuk menjadi orang dewasa yang hebat.

  • Sebuah lingkungan yang kurang terstruktur. Anak-anak anda mungkin mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan 9 sampai 5 jam kerja karena lingkungan yang santai dirumah anda. Memperkenalkan kerangka waktu yang telah ditentukan dan jadwal akan membantu anda dalam mengajarkan anak anda untuk memanfaatkan waktu mereka. Anak anda juga belajar untuk tepat waktu, sadar akan sendirinya, dan waktu berharga orang lain.

  • Disiplin bisa menjadi persoalan. Tidak seperti kelas reguler, anak-anak dapat melihat anda sebagai ibu mereka dan bukan seorang guru. Hal ini dapat mengakibatkan menghilangnya disiplin terutama jika anda membiarkan mereka terus seenaknya. Satu set aturan harus diatur ditempat dengan anda menjelaskan betapa pentingnya mematuhi peraturan. Buat anak-anak mengerti bahwa anda merupakan seorang guru dan mereka harus menganggap demikian. Menanamkan disiplin dalam diri mereka sangat penting untuk melindungi masa depan mereka.

Dengan pro dan kontra, anda harus lebih sadar akan sisi baik dan buruk dari homeschooling. Meskipun bukan sistem sempurna, homeschooling memberikan anak-anak kesempatan belajar tentang kehidupan mereka didunia dari kenyamanan rumah mereka. Bagi orang tua, jenis sistem pendidikan memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan ikatan khusus dengan anak-anak mereka. Kedua belah pihak harus ditimbang dan pertimbangan yang matang harus diberikan kepada masing-masing pihak dan setiap keuntungan atau kerugian.

Source