Apa itu Homeschooling ?

Homeschooling atau Homeschool (juga bisa disebut Belajar Dirumah) adalah pendidikan anak yang berada di rumah, diarahkan oleh orang tua tapi sesekali oleh pengajar, bukan dalam pengaturan formal publik lain atau sekolah swasta. Walaupun sebelum pengenalan hukum sekolah wajib, sebagian besar pendidikan usia anak terjadi dalam keluarga atau komunitas. Homeschooling dalam sudut pandang modern adalah alternatif di negara maju untuk sekolah formal.

Homeschooling sah dibanyak tempat untuk orang tua yang ingin anak mereka mempelajari lingkungan sebagai alternatif dari sekolah publik. Para orang tua menyebutkan banyak alasan sebagai motivasi untuk homeschooling, termasuk hasil tes akademik yang lebih baik, lingkungan sekolah publik yang buruk, memperbaiki pembangunan karakter/moral anak, dan keberatan dengan apa yang diajarkan di sekolah publik. Itu juga sebuah alternatif untuk keluarga yang hidup di lokasi pedesaan yang terasingkan atau tinggal diluar negeri untuk sementara waktu.

Homeschooling juga mengacu kepada pengajaran dirumah dibawah correspondence school atau umbrella school. Di beberapa tempat, setiap kurikulum legal yang disetujui dibutuhkan jika anak tersebut siap untuk home-schooled. Filosofi kurikulum bebas homeschooling bisa juga disebut Unschooling, sebuah istilah yang diungkapkan di tahun 1977 pendidik Amerika John Holt dalam majalahnya Growing Without Schooling